Skip to main content

JELANG IMLEK 2023 - Bebersih Klentheng Fuk Ling Miau Gondomanan - ASYB Bersama Kawan Simpul Jaringan

.



JELANG IMLEK, ASYB ADAKAN BERSIH KLENTENG FUK LING MIAU, RAWAT KEBERAGAMAN





























Peringatan tahun baru China atau populer disebut dengan perayaan Imlek sebentar lagi akan dirayakan, pada 22 Januari 2023. Merespon event itu, seperti pada tahun sebelumnya, Alumni SMA Yogyakarta  Bersatu (ASYB) bersama dengan sejumlah simpul jaringan, komunitas dan relawan, serta warga masyarakat lain, seperti :

- GK Ladies, 

- Srili, SIV,  

- Foreder, 

- dll 

melakukan Bakti Sosial (Baksos) membersihkan Klenteng Fuk Ling Miau, Gondomanan, Yogyakarta, pada Senin (16 Januari 2023).


Aksi bersih-bersih Klenteng Fuk Ling Miau inu, memiliki makna ganda. Pertama, tentu saja dengan Klenteng yang bersih, menjadikan suasana tempat sakral itu akan lebih nyaman bagi mereka yang akan merayakan Imlek di Klenteng tersebut.

Kedua, yang lebih substantif, aktivitas bersih-bersih Klenteng itu menjadi manifestasi dari penyaluran spirit keberagaman, kebhinekaan, toleransi kepada  kelompok warga masyarakat tanpa membeda-bedakan latar belakang agama, suku, etnis, ras maupun golongan.

Kegiatan yang diinisiasi ASYB bersama kawan – kawan simpul jaringan ini memiliki pesan signifikan bagi pentingnya perawatan toleransi dan kebhinekaan, yang seringkali tergerus oleh kepentingan-kepentingan dan sekat-sekat primordiali sempit, yang berakibat pada munculnya fragmentasi dan segregasi sosial, pengkotak-kotakan masyarakat. 


Kepentingan ego sempit itu bisa berupa kepentingan pragmatis maupun ideologis, yang bisa merobek-robek persatuan, kebhinekaan, dan Dasar Negara Pancasila.


Koordinator aksi bersih Klenteng ini, Bhayu Malam Hendarta, dalam pengantarnya menyatakan apresiasinya kepada para relawan yang bersedia terlibat dalam kegiatan ini. Keterlibatan para relawan ini, menurutnya, merefleksikan ketulusan warga masyarakat dalam ikut menjaga harmoni dan toleransi.


Sejumlah anggota simpul jaringan dalam kegiatan ini mengungkapkan hal yang sama. Mereka tergerak ikut dalam kegiatan ini karena merasa terpanggil untuk merawat keberagaman. Bagi mereka, Yogyakarta sebagai barometer kebhinekaan harus dijaga kondisivitasnya. Sehingga, bisa menginspirasi daerah lain agar punya spirit yang sama. 


Di sisi lain, Ketua Klenteng Fuk Ling Miau, Ang Ping Siang alias Angling Wijaya, menyambut positif kegiatan bersih-bersih Klentengnya tersebut. Dia menyatakan terimakasih dan apresiasinya kepada warga masyarakat yang tanpa pandang bulu ikut mempersiapkan penyambutan Tahun Baru Imlek. Ini wujud toleransi yang nyata.


Demikian pula disampaikan puteri Ketua Klenteng Fuk Ling Mau, Belly Angling, menyatakan aktivitas ini sangat bagus, ketika warga masyarakat tanpa membeda-bedakan latar belakang, bergotong royong membersihkan Klenteng, menyambut Imlek. Ia menyatakan, kegiatan ini juga memberi bukti bahwa Klentengya sangat terbuka. Siapa pun bisa masuk ke dalam, tanpa juga membeda-bedakan latar belakang agama, suku, etnis dan golongan. 

Tahun Lalu pada Januari 2022 kegiatan bebersih ini juag dilakukan ASYB dan 11 Kawan simpul jaringan dan brlangsung 3 hari, karena memang slama masa Pandemi 2020 sd 2022, dua tahun nyaris hanpir tidak ada kegiatan bebrsih


Kali ini kegiatan ini berjalan hanya satu hari, dari pagi Snin 16 Januari 2023 Pukul 08.00 sampai Pukul 16.00. WIB. ASYB sebagai salah satu inisiator kegiatan ini memang memiliki visi misi menjaga kedaulatan NKRI dan Pancasila, serta menjunjung tinggi nilai kebhinekaan, sebagai upaya penting mengimplementasikan arti toleransi yang sesungguhnya. Sebab, roh terkuat saat ini di Indonesia adalah sikap saling toleransi sebagai rasa kesatuan rakyat Indonesia, yang beragam baik dalam suku, ras, agama dan golongan.  

   

Selamat merayakan Imlek bagi saudara-saudara yang merayakan. Semoga kesehatan, kemakmuran, kebahagiaan, dan kemuliaan menyertai sudara semua.

.
Koord Bayu Malam / Eko Jati
Pic GK Ladies Retno Dewayani
Pic SRILI Nana Karolina Ratnaningsih
Pic SIV Wurry Oene
Pic Foreder Bayu Hendarta
Publikasi Inoez K 
Dokumentasi Pay Agung Adi, Didiet Raditya
.
.
Link Berita Terkait

https://beritabernas.com/menyambut-imlek-asyb-merawat-keberagaman-dengan-membersihkan-klenteng-fuk-ling-miau/

https://www.kupasmerdeka.com/2023/01/jelang-imlek-asyb-bersihkan-klenteng-fuk-linh-miau-rawat-keberagaman/



Liputan Tahun Lalu 2022
https://www.alumnismayogyakartabersatu.com/2022/01/liputan-11-organ-dan-warga-baksos.html


Popular posts from this blog

Pertama di Indonesia, DPRD DIY Tandatangani Penolakan Ideologi Khilafah

. . Sebanyak 45 dari 55 anggota dan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah Istimewa Yogyakarta menandatangani surat Janji Setia Kepada NKRI dan Ideologi Pancasila. Surat penandatanganan tersebut diberikan oleh FORSA Forum Selamatkan NKRI Yogyakarta kepada Ketua DPRD DIY dan semua pimpinan fraksi pada tanggal 10 Mei 2022 lalu.   Pada pertemuan tanggal 10 Mei di Ruang Sidang DPRD DIY tersebut dihadiri pimpinan dan ketua fraksi DPRD DIY, dan puluhan perwakilan FORSA NKRI DIY yang terdiri dari berbagai eksponen masyarakat. Hadir pula di dalamnya H. Idham Samawi, mantan bupati Bantul dan anggota DPR RI. Beberapa jurnalis juga meliput dalam peristiwa itu.   Pada prinsipnya FORSA NKRI DIY mengecam dan menyesalkan atas kecolongannya DPRD DIY pada 27 April 2022 atas masuknya sekelompok orang ke dalam lingkungan DPRD dan kemudian membuat petisi yang arahnya tidak menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara dalam praktek bernegara. FORSA DIY menduga kelompok tersebut adalah bagian

Pelantikan Pengurus ASYB Alumni SMA Yogyakarta Bersatu 2022 - 2025 [ Senin, 12 Sep 2022 ]

 . . . DEWAN PENASIHAT, DEWAN PENGAWAS, dan DEWAN PAKAR  turut menyaksikan Pelantikan PENGURUS ASYB 2022 - 2025 [ Hybrid - Senin 12 Septembr 2022 ] Dewan 16 +  Pengurus 30 16 DEWAN  TURUT MENYAKSIKAN PELANTIKAN PENGURUS Dewan Penasihat 1. Achmad Charris Zubair  - Ketua Dewan Penasihat 2. Arif Nurcahyo   3. Kyai Haji Muhammad Jadul Maula  4. Lestanta Budiman / Adi Lobo  Dewan Pengawas 5. Hillarius Ngaji Merro – Ketua Dewan Pengawas 6. H. Datuk Sweida Zulalhamsyah  7. Hasan Syaifullah   8. Purohatu  9. Yuliani P. S.  Dewan Pakar 10. Joseph Kristiadi  - Ketua Dewan Pakar 11. Butet Kartaredjasa   12. Kyai Haji Mohammad Imam Aziz  13. Ki Soemarsono Noto Widjojo   14. Thomas Sugijata  15. Timoti Apriyanto   16. Zuly Qodir  PENGURUS DILANTIK : Pengurus [ 30 orang ]  PENGURUS HARIAN -------------------------- 17. Ketua Umum - Nana Je Justina  18. Wakil Ketua - Ganis Ahmadiningrat  19. Sekretaris - Bayu Hendarta  20. Wakil Sekretaris - P. Eko Jatisaputro  21. Sekretariat 1 - Ery Yuni Suciati 

PETISI Simpul Jaringan Masyarakat Nasionalis Anti-Khilafah DIY di DPRD Malioboro 30 April 2022

Audiensi lanjutan tanggal 10 Mei 2022 cek : Lipuatn : https://www.alumnismayogyakartabersatu.com/2022/05/audiensi-ii-forsa-nkri-ke-dprd-diy.html Dokumnetasi https://www.alumnismayogyakartabersatu.com/2022/05/dokumentasi-audiensi-forsa-nkri-ke-dprd.html . Simpul Jaringan Masyarakat Nasionalis Anti-Khilafah DIY yang tergabung dalam Forsa NKRI terdiri dari lebih dari 50 simpul jaringan dan perwakilan masyarakat, mendatangi  Lobby gedung DPRD Malioboro Yogyakarta 30 April 2022 Pukul 14.00 disambut oleh  Dr R. Stevanus C Handoko S.Kom., MM. -  Anggota Dewan Anggota Komisi D - Partai Solidaritas Indonesia . Kali ini bermaksud menegaskan penolakan ide / wacana Negara Khilafah yang masih disuarakan kelompok - kelompok tertentu di DIY dengan melakukan orasi di area Gedung DPRD beberapa hari lalu. . Video yang beredar saat adanya kelompok melakukan Orasi di area Gedung DPRD Malioboro tidak dapat di tolerir. Upaya mengganti Sistem Negara yang diwacanakan oleh kelompok  dan siapapun bahkan di dala