Skip to main content

Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021

.


.
Sekitar Sumpah Pemuda 
Oleh J Kristiadi 
.
Sumpah pemuda sebagai salah satu engsel sejarah perjalanan bangsa, selama hampir satu abad selalu diperingati setiap tahun.  Namun peringatan tersebut biasanya dirasakan hambar karena terbatas kepada upacara yang sarat dengan tata krama, pidato bernuansa retorik serta seremoni lainnya.
.
Sederet kalimat terdiri kurang dari 40 suku kata, tetapi mempunyai tenaga raksasa dan kedidagyaan yang luar biasa, keampuhannya menakjubkan. Narasi tersebut dikumandangkan para pemuda Indonesia berasal dari seantero nusantara. Mereka  berkumpul  tanggal 28/10/ 1928 dan bersumpah untuk bersatu. Perisitiwa monumental itu disebut hari Sumpah Pemuda.
.
Tekad mereka berhasil, fenomena yang dianggap ajaib dan sangat mengagumkan adalah bahasa persatuan adalah bahasa melayu pantai yang penuturnya sangat terbatas. Bahasa tersebut   meskipun penuturnya sedikit, tetapi karena kabanyakan pedagang dan nelayan, mobilitas mereka tinggi. Di harapkan bahasa tersebut lebih cepat tersebar diwilayah Indonesia yang lain.
.
Para pemuda yang mewakili berbagai daerah yang pengujarnya jauh lebih banyak, bahkan belipat-lipat, demi persatuan Indonesia, bahasanya  ikhlas tidak dipergunakan sebagai bahasa nasional.
.
Fenomena tersebut tercermin para pemuda yang mewakili daerahnya mempergunakan   identitas lokal, seperti Jong Pasundan, Jong Sumatera, Jong Jawa, Jong Celebes, Jong Ambon,Jong Minahasa dan sebagainya. Perjuangan tersebut tidak mudah mengingat struktur masyarakat Indonesia melekat dua faset yang kompleks dan “idiosinkretis”. Pertama,  konfigurasi sosial sangat beragam  dan merekat identitas primordial, seperti suku, agama, ras, tradisi, adat istiadat,bahasa dan  berbagai golongan; bahkan  struktur kekuasaan lokal.
.
Modal perjuangan para pemuda Indonesia hampir satu abad yang lalu adalah berkobarnya semangat membanguan ke-Indonesia-an. Gerakan tersebut merupakan counter ideology yang selama masa kolonial di hegemoni ideologi pecah belah ( devide et impera).
Kedua, struktur masyarakat Indonesia  terbelah  oleh kesenjangan yang tajam, antara kelas atas dan kelas bawah, serta struktur feodalisme. Perjuangan membangun Ke-Indonesiaan semakin berat karena konsentrasi generasi muda waktu itu juga terpecah fokusnya karena harus melawan penjajah.
.
Gagasan persatuan sangat penting sebagaimana tersirat dalam sepenggal kalimat wanti-wanti Bung Hatta bahwa  membangun per-satu-an, bukan per-sate-an. (Majalah Daulat Ra’yat, 20 April 1932). Sindrom per-sate-an hanya sekedar berkumpul menjadi satu karena daya paksa kekuatan ekternal tanpa dilandasi semangat dan tekad mulia.
Persatuan yang dibangun tanpa etos hanya akan mampu menyatukan teritori, tetapi tidak akan mampu mempersatukan hati, semangat dan rasa kebersamaan. Maka persatuan Indonesia harus dilandasi oleh etos dan semangat saling berkorban serta menghargai  keragaman. Sehingga  budaya, adat istiadat, tradisi, sikap politik dan lain sebagainya diberikan keleluasaan untuk tumbuh dan berkembang.  Persatuan Indonesia bukan sekedar instrumen politik untuk kepentingan kekuasaan jangka pendek   golongan tertentu.
.
.
Semangat Sumpah Pemuda merupakan salah satu engsel sejarah perjuangan kemerdekaan mewujudkan negara bangsa. Persendian sejarah bangsa yang lebih dulu muncul adalah lahirnya Boedi Oetomo, organisasi kemasyaratakan, lahir 20/5/1908..
.
Kehadirannya, membangkitkan kesadaran masyarakat  membangun organisasi sejenis yang jumlahnya semakin banyak, sehingga menjadi pergerakan nasional mewujudkan   kemerdekaan. Kiprah politik ini merupakan kristalisasi  asketisme para intelektual muda Indonesia yang meyakini merebut kemerdekaan selain dilakukan dengan perlawanan bersenjata, memerlukan juga perjuangan politik. Simbolisasi pergerakan politik ini kemudian hari dikenal sebagai  Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap 20 Mei.
Kesinambungan dan tautan antara kedua engsel sejarah tersebut bermuara kepada tujuan utama, Proklamasi kemerdekaan 17/8/1945. Peristiwa historis-fenomenal tersebut  mejungkir balikan status  hamparan wilayah yang luasnya puluhan ribu kilometer, terdiri lautan dan taburan belasan ribu pulau dan  telah berabad-abad turun temurun dihuni manusia yang disebut penduduk; setelah Proklamasi kawasan yang sangat luas tersebut bukan sekedar zone atau area, melainkan entitas politik yang berdaulat, bernama Indonesia.  Isinya bukan dinamakan   penduduk tetapi disebut warga negara yang berhak dan bertanggung jawab mengelola negara untuk mewujudkan kesejahteraan bersama.
.
Sumpah pemuda sebagai salah satu engsel sejarah perjalanan bangsa, selama hampir satu abad selalu diperingati setiap tahun.  Namun peringatan tersebut biasanya dirasakan hambar karena terbatas kepada upacara yang sarat dengan tata krama, pidato bernuansa retorik serta seremoni lainnya.
.
Oleh sebab itu politik pendidikan sejarah sangat mutlak bagi generasi muda agar mereka  mampu memahami, merasakan,  menghayati serta dan menjadikan semangat persatuan sebagai  rutinitas. Modal dasarnya adalah  puluhan gererasi  muda  yang berbakat, berwatak, berketrampilan yang tersebar di seluruh Indonesia
Mereka mengucapkan sumpah sekedar   melegitimasi kekuasaan negara atau pemerintahan.  Pada hal  secara maknawi ia adalah pernyataan sakral dan resmi diucapkan secara khidmat  dengan bersaksi kepada Tuhan untuk menguatkan kebenaran atau tekad melakukan sesuatu, bahkan berani menderita  bila ingkar.
Peringatan seharusnya mampu menggugah generasi muda menyerap nilai-nilai  peristiwa sejarah yang sangat menakjubkan.Merawat etos dan semangat Sumpah Pemuda sangat diperlukan demi kelangsungan kehidupan bersama mewujudkan kesejahteraan. Keutamaan harus terpateri pada generasi muda agar warisan nilai-nilai  difahami, dirasakan, dihayati serta menjadi kebiasaan dalam  kehidupan sehari-hari sebagai rutinitas.
.
Semangat membangun etos nasionalisme perlu dirawat agar tidak mudah terdistorsi oleh kepentingan kekuasaan karena   terminologi sumpah semakin kehilangan tuahya, terutama dikalangan para elit.

-----

Persembahan SATU INDONESIA VOICE, ASYB
Wurry Oene, Vipia Yanuachandra, AL Almira,  Erma Wijayanti dkk 
.
Klick like dan subscribe SATU INDONESIA VOICE  : 


Popular posts from this blog

SYAWALAN 2023 dan Forum Bincang Santai Bersama Pembicara Tamu dan Simpul Jaringan Refleksi Menuju Persiapan PEMILU PRESIDEN 2024

 . Salam sehat kawan  kawan ASYB juga dari lintas jaringan,  Syawalan ASYB Mei 2023, selain nantinya sebagai forum Silaturahmi, bahkan kenalan bagi kawan kawan yang baru kenal  juga yang baru brgabung dengan ASYB, juga kawak - kawan bisa berkenalan dengan simpul jaringan Nasionalis Moderat lain di DIY Syawalan akan diadakan Rabu 17 Mei 2023 Pk 17.30 Registrasi Pk 18.00 Bincang Santai Lokasi dan Waktu sudah dikirimkan Japri oleh Panitia kepada masing - masing pendaftar. Pada  Syawalan ASYB juga akan diadakan : BINCANG SANTAI Dengar pendapat, forum rembug Narahubung juga kawan - kawan ASYB lain, dan tokoh simpul jaringan, untuk saling mendengarkan sehingga akan menjadi bekal fondasi yang lebih mantap, kita secara kelembagaan, simpul jaringan Nasionalis Moderat ( dan juga bagi pribadi ), untuk bagaimana kita masing - masing  bersikap  menuju PEMILU 2024.  Akan menghadirkan pembicara  diantaranya :  1. Irfan Afifi - Budayawan | Penulis | Direktur Langgar.co [ Pembicara Tamu ]  2. Subkhi R

9 April 2022 Malioboro : Flashmob TANAH AIRKU - ASYB SIV | GK Ladies | Komunitas Biola Jogja Kawan ASYB

Reuni Kecil ASYB dan kawan - kawan simpul jaringan dan Komunitas Sabtu, 9 April 2022 [ Realisasi Agenda ASYB dkk ke #143 ]  .  . . . . . . . . VIDEO FLASH MOB FlashMob . . Video BTS dari KOMBIOJOG Komunitas Biola Jogja . .   Link Video Unggahan Jogya :  https://fb.watch/cmPTG_HY9K/ . . . Reuni Kecil ASYB dan kawan - kawan simpul jaringan dan Komunitas Sabtu, 9 April 2022 [ Realisasi Agenda ASYB dkk ke #143 ]  . ASYB Alumni SMA Yogyakarta Bersatu bersama simpul - simpul jaringan GK Ladies / Galang Kemajuan Ladies juga SIV Satu Indonesia Voice ASYB  dan  juga adik adik KOMUNITAS BIOLA Jogja asuhan Abang Ucok Hutabarat  kawan – kawan simpatisan, Reuni Kecil mumpung Jogja cukup aman dari pandemi. . Barengan bikin Flashmob tampil dengan lagu Nasional TANAH AIRKU di depan Gedung DPRD Malioboro. Alhamdulillah acara lancar berkat pangestu Gusti Sang Maha dan pasti juga kerja sama kerja cerdas dalam senyap dan support Bapak ibu kawan kawan semua ; . mbak mbak GALANG KEMAJUAN LADIES  1. Retno D

PERNYATAAN SIKAP ASYB dan Dengar Pendapat ASYB Sabtu 11 November 2023

  Alhamdulillah Puji Syukur,  pada Sabtu 11 November 2023 Hearing / Dengar Pendapat ASYB telah terlaksana dengan lancar di Yogyakarta. Dihadiri Wakil dari Partai Pengusung Pasangan Capres Cawapres, Narahubung ASYB, Dewan ASYB juga Pengurus Forum Dengar pendapat bersifat tertutup, dihadiri oleh Pembicara : Bp. Idham Samawi - PDIP  Bp. John S Keban - GOLKAR Bp. Achmad Charris Zubair - Ketua Dewan Penasihat ASYB Bp. Zuly Qodir - Anggota Dewan Pakar ASYB Moderator Bp Krisno Wibowo Inoez ---------  PERNYATAAN SIKAP RESMI ASYB ALUMNI SMA YOGYAKARTA PER 11 NOVEMBER 2023    Klik gambar untuk memperbesar atau Cek Narasi pada body Text  Klik gambar untuk memperbesar atau  Cek Narasi pada body Text  Klik gambar untuk memperbesar atau  Cek Narasi pada body Text  ---------  PERNYATAAN SIKAP ASYB ALUMNI SMA YOGYAKARTA BERSATU 11 NOVEMBER 2023 MENUJU PEMILU DAMAI, JUJUR DAN ADIL 2024 No. Ref. 20231115/001-ASYB/EJ ASYB Alumni SMA Yogyakarta Bersatu sebagai LEMBAGA TAKTIS dengan visi menjaga PANCASILA