Skip to main content

Tolak Kepulangan Bekas WNI Pembela ISIS







Tolak Kepulangan Bekas WNI Pembela ISIS
.
Forum Selamatkan NKRI - DIY [ FORSA - DIY ] menyerukan untuk menolak keras rencana kepulangan para teroris atau kombatan eks WNI (Warga Negara Indonesia) yang ikut merusuh Suriah di bawah bendera ISIS. Mereka, para kombatan ISIS tersebut, telah dengan sengaja dan sadar meninggalkan Indonesia dan menanggalkan status kewarganegaraan Republik Indonesia untuk kemudian pergi ke Suriah menjemput ilusi mereka tentang negara khilafah.

Sekitar seratusan anggota Forum Selamatkan NKRI - DIY ini menyampaikan seruan tersebut pada hari Jumat siang, sekitar pukul 14.30 WIB, 7 Februari 2020 di depan 3 anggota DPRD Propinsi D.I. Yogyakarta. Mereka adalah Retno dari Fraksi PDIP, Steven dari Fraksi PSI dan seorang legislator lainnya dari Fraksi Gerindra.

Pada kesempatan itu, 8 orang peserta aksi berbicara menyampaikan pendapatnya mewakili organisasi massa. Penyampaian pendapat itu kemudian ditanggapi oleh ketiga anggota DPRD DIY. Pada intinya kedua belah pihak memiliki satu pendapat sama bahwa kepulangan bekas WNI yang membela ISIS di Suriah itu harus ditolak. Ujung acara pertemuannitu adalah pembacaan sikap Forum Selamatkan NKRI - DIY yang dibacakan oleh Nana Je Justina.

Seusai pertemuan dengan anggota DPRD DIY, semua peserta dari Forum Selamatkan NKRI - DIY melakukan berjalan kaki bersama menuju ke Kantor Pos Besar Yogyakarta yang jaraknya sekitar 750 m dari gedung DPRD DIY. Mereka berjalan sembari membawa dan mengacung-acungkan poster kecil seukuran 3/4 kuarto bergambar rambu lalu lintas tanda verbodden (dilarang masuk) dengan teks "Kombatan ISIS Dilarang Masuk".

Massa yang terdiri dari para aktivis itu beriringan menuju Kantor Pos Besar untuk mengirimkan surat berisi Pernyataan Sikap dari Forum Selamatkan NKRI - DIY kepada Presiden RI Jokowi. Pengiriman surat tersebut adalah bukti konkret bahwa forum ini sangat serius memberikan penolakan atas rencana kepulangan eks WNI yang menyeberang membela ISIS.

Ini juga sekaligus sebuah pesan simbolik bahwa masyarakat Yogyakarta mendukung Presiden Jokowi untuk serius mengikis gerakan ideologis yang ingin mengganti ideologi Pancasila sebagai landasan dasar negara Indonesia. Setelah mengirimkan surat untuk Presiden di Kantor Pos Besar Yogyakarta, para peserta aksi segera membubarkan diri.

Beberapa jam sebelum aksi dari Forum Selamatkan NKRI - DIY, kira-kira pukul 13.30 WIB, di perempatan Kantor Pos Besar Yogyakarta atau Titik Nol Kilometer juga berlangsung sebuah aksi massa. Isu yang diangkat (setidaknya seperti yang terpampang dalam beberapa spanduk yang dibawa) adalah tentang "Selamatkan Quds". Quds adalah nama lain untuk kota Jerusalem. Entahlah, apa relevansi aksi tersebut untuk konteks Indonesia. *** Sumber FB Kuss Indarto - Foto Pay Agung A, Didiet, Kuss dan berbagai sumber

PERNYATAAN SIKAP
Berikut pernyataan sikap Forum Selamatkan NKRI - DIY yang dibacakan di depan anggota DPRD DIY dan dikirimkan kepada Presiden RI Joko Widodo:

Kepada Yang Terhormat
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
Istana Merdeka
Jakarta

Salam Sejahtera,

Kami FORUM SELAMATKAN NKRI - Daerah Istimewa Yogyakarta sebuah Forum Jaringan Aktifis yang memiliki visi menjaga NKRI, PANCASILA dan Kebhinnekaan dan juga aktif menjaga NKRI khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta dari gerakan intoleransi dan radikalisme.

Bersama surat ini FORUM SELAMATKAN NKRI – Daerah Istimewa Yogyakarta terdiri dari sejumlah ORGANISASI MASYARAKAT di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta setelah membaca dinamika dan wacana pengembalian Kombatan ISIS ke Indonesia dan dinamika terkait maka dengan ini:

1. Kami FORUM SELAMATKAN NKRI DIY memberikan pernyataan sikap menolak kembalinya kombatan ISIS ke Indonesia.

2. Kami FORUM SELAMATKAN NKRI DIY dan mendorong Bapak Presiden Republik Indonesia untuk:
- Memerintahakan Menteri Hukum dan HAM untuk mengambil keputusan mencabut Status Kewarganegaraan kombatan/anggota ISIS
- Mendesak Presiden untuk segera mengganti Menteri Agama Fachrul Rozi.

3. Kami mendukung setiap langkah Presiden Republik Indonesia untuk mengambil keputusan politik dan hukum untuk menjaga keutuhan NKRI.

Alasan kemanusiaan kiranya tidak untuk direspon dengan pengembalian kombatan ISIS ke Indonesia melainkan dengan memberikan hak kelola kepada UNHCR sebagai lembaga internasional yang lebih memiliki hak dan kewajiban melakukan respon kemanusiaan.

Sesegera mungkin negara dalam hal ini KemenhukHAM secara resmi mencabut hak kewarganegaran kombatan ISIS sebagai konsekuensi tindakan mereka baik individu maupun kelompok, dan menyerahkan hak kelola kombatan ISIS kepada UNHCR.

Sesegera mungkin memberhentikan Bapak Fahrul Razi sebagai Menteri Agama demi menjaga kondusivitas sosial politik, menghindari wacana, pernyataan, maupun tindakan overlapping kembali di kemudian hari.

Demikian surat ini kami sampaikan agar dapat menjadikan perhatian Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Atas perhatian dan kesediaan Bapak Presiden kami haturkan terima kasih.

FORUM SELAMATKAN NKRI - DIY

Nana Je Justina (Koordinator)

Bayu Hendarta (Sekretaris)

Tembusan:
Ketua DPRD DIY

Lampiran:

Tandatangan Perwakilan Ormas Anggota

1. ASYB (Alumni SMA Yogyakarta Bersatu)
Karuharan Kris

2. REJOMULYO & ASYB
Hilarius Ngaji Mero

3. REJOMULYO
Widihasto Wasana Putra

4. PAIDJO
Sanjaya Kuss Indarto

5. GK CENTER
Bambang Wijaya

6. GEMAYOMI
Lestanta Budiman (Lobo)

7. FOREDER
Bayu "Malam" Hendarta

8. DPD PIKI DIY

9. FORKOM MMD DIY
Bambang Praswanto

Popular posts from this blog

SYAWALAN 2023 dan Forum Bincang Santai Bersama Pembicara Tamu dan Simpul Jaringan Refleksi Menuju Persiapan PEMILU PRESIDEN 2024

 . Salam sehat kawan  kawan ASYB juga dari lintas jaringan,  Syawalan ASYB Mei 2023, selain nantinya sebagai forum Silaturahmi, bahkan kenalan bagi kawan kawan yang baru kenal  juga yang baru brgabung dengan ASYB, juga kawak - kawan bisa berkenalan dengan simpul jaringan Nasionalis Moderat lain di DIY Syawalan akan diadakan Rabu 17 Mei 2023 Pk 17.30 Registrasi Pk 18.00 Bincang Santai Lokasi dan Waktu sudah dikirimkan Japri oleh Panitia kepada masing - masing pendaftar. Pada  Syawalan ASYB juga akan diadakan : BINCANG SANTAI Dengar pendapat, forum rembug Narahubung juga kawan - kawan ASYB lain, dan tokoh simpul jaringan, untuk saling mendengarkan sehingga akan menjadi bekal fondasi yang lebih mantap, kita secara kelembagaan, simpul jaringan Nasionalis Moderat ( dan juga bagi pribadi ), untuk bagaimana kita masing - masing  bersikap  menuju PEMILU 2024.  Akan menghadirkan pembicara  diantaranya :  1. Irfan Afifi - Budayawan | Penulis | Direktur Langgar.co [ Pembicara Tamu ]  2. Subkhi R

9 April 2022 Malioboro : Flashmob TANAH AIRKU - ASYB SIV | GK Ladies | Komunitas Biola Jogja Kawan ASYB

Reuni Kecil ASYB dan kawan - kawan simpul jaringan dan Komunitas Sabtu, 9 April 2022 [ Realisasi Agenda ASYB dkk ke #143 ]  .  . . . . . . . . VIDEO FLASH MOB FlashMob . . Video BTS dari KOMBIOJOG Komunitas Biola Jogja . .   Link Video Unggahan Jogya :  https://fb.watch/cmPTG_HY9K/ . . . Reuni Kecil ASYB dan kawan - kawan simpul jaringan dan Komunitas Sabtu, 9 April 2022 [ Realisasi Agenda ASYB dkk ke #143 ]  . ASYB Alumni SMA Yogyakarta Bersatu bersama simpul - simpul jaringan GK Ladies / Galang Kemajuan Ladies juga SIV Satu Indonesia Voice ASYB  dan  juga adik adik KOMUNITAS BIOLA Jogja asuhan Abang Ucok Hutabarat  kawan – kawan simpatisan, Reuni Kecil mumpung Jogja cukup aman dari pandemi. . Barengan bikin Flashmob tampil dengan lagu Nasional TANAH AIRKU di depan Gedung DPRD Malioboro. Alhamdulillah acara lancar berkat pangestu Gusti Sang Maha dan pasti juga kerja sama kerja cerdas dalam senyap dan support Bapak ibu kawan kawan semua ; . mbak mbak GALANG KEMAJUAN LADIES  1. Retno D

PERNYATAAN SIKAP ASYB dan Dengar Pendapat ASYB Sabtu 11 November 2023

  Alhamdulillah Puji Syukur,  pada Sabtu 11 November 2023 Hearing / Dengar Pendapat ASYB telah terlaksana dengan lancar di Yogyakarta. Dihadiri Wakil dari Partai Pengusung Pasangan Capres Cawapres, Narahubung ASYB, Dewan ASYB juga Pengurus Forum Dengar pendapat bersifat tertutup, dihadiri oleh Pembicara : Bp. Idham Samawi - PDIP  Bp. John S Keban - GOLKAR Bp. Achmad Charris Zubair - Ketua Dewan Penasihat ASYB Bp. Zuly Qodir - Anggota Dewan Pakar ASYB Moderator Bp Krisno Wibowo Inoez ---------  PERNYATAAN SIKAP RESMI ASYB ALUMNI SMA YOGYAKARTA PER 11 NOVEMBER 2023    Klik gambar untuk memperbesar atau Cek Narasi pada body Text  Klik gambar untuk memperbesar atau  Cek Narasi pada body Text  Klik gambar untuk memperbesar atau  Cek Narasi pada body Text  ---------  PERNYATAAN SIKAP ASYB ALUMNI SMA YOGYAKARTA BERSATU 11 NOVEMBER 2023 MENUJU PEMILU DAMAI, JUJUR DAN ADIL 2024 No. Ref. 20231115/001-ASYB/EJ ASYB Alumni SMA Yogyakarta Bersatu sebagai LEMBAGA TAKTIS dengan visi menjaga PANCASILA