Skip to main content

Siaran Pers : Forum Selamatkan NKRI Daerah Istimewa Yogyakarta FORSA NKRI DIY




Siaran Pers :
AKTIVIS JOGJA GELAR WEBINAR ANCAMAN  RADIKALISME  DI TENGAH PANDEMI
Sejak awal tahun 2020 ini dunia tengah berjibaku melawan pandemi corona. Jutaan orang terpapar virus covid19 yang pertama kali ditengarai muncul di kota Wuhan China akhir Desember 2019. Ratusan ribu jiwa tewas. Negara dengan tingkat kematian tertinggi yakni China, Amerika, Italia, Iran. Semua negara menerapkan protokol kesehatan kepada semua warganya mulai sering cuci tangan dan wajib bermasker. Selain itu juga memberlakukan protokol sosial mulai dari menutup kota-kota dari akses keluar masuk orang (lockdown) hingga memaksa melakukan pembatasan sosial secara ketat (social distancing). Kegiatan publik mulai dari perkantoran, sekolah, peribadatan, pusat perbelanjaan, destinasi wisata, event olah raga hingga aktivitas transportasi darat dan udara dihentikan sementara. Singkat kata dunia tengah dipaksa menghentikan semua hiruk pikuk ativitasnya untuk "bertapa." 
.
Namun ditengah suasana keprihatinan dunia, rupanya masih saja segelintir kalangan radikalis yang mengatasnamakan agama memanfaatkan situasi untuk memaksakan keyakinan utopisnya. 
Pada tanggal 15 April 2020 dua orang pelaku diduga anggota kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) tersebut menyerang anggota kepolisian di Poso, Sulawesi Tengah. Keduanya tewas. 
Tak berselang lama Kantor Kepolisian Sektor (Polsek) Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan diserang orang tak dikenal, Senin 1 Juni 2020 dini hari. Seorang polisi tewas dibacok. Dari pelaku yang dapat dilumpuhkan ditemukan sejumlah senjata tajam, bendera ISIS dan pesan jihad melawan negara RI.  Dua kasus tersebut tak dapat diremehkan sebab menunjukkan bahwa sel-sel terorisme masih aktif bergerak dibawah permukaan.  
.
Berangkat dari hal itu, berbagai simpul aktivis gerakan sosial Jogja yang tergabung dalam Forum Selamatkan NKRI Daerah Istimewa Yogyakarta FORSA NKRI DIY bekerjasama dengan Pusat Studi  Pancasila UPN "Veteran" Yogyakarta mengadakan Webinar dengan topik "Ancaman Radikaliame Di Tengah Pandemi" pada Jumat 26 Juni 2020 Pk 19.00 sd selesai. 
.
Menghadirkan tiga narasumber yakni Ken Setiawan, pendiri Negara Islam Indonesia Crisis Center , J Kristiadi Peneliti Senior CSIS, dan Nasir Abas mantan penggerak Jamaah Islamiah. 

Webinar akan dimoderatori Kuss Indarto.
.
.
Tergabung dalam Forsa NKRI DIY :
.
ASYB Alumni SMA Yogyakarta Bersatu
DPD PIKI
FOREDER
FORKOM Masyarakat Madani DIY 
GEMAYOMI
GK Center
PAIDJO
REDJO MULIA
.


Popular posts from this blog

Sejarah Perayaan IMLEK - Indonesia

  Sejarah Perayaan IMLEK - Indonesia  . Ada yang tak biasa di Kota Semarang pada malam 23 Januari 2001. Itu adalah malam tahun baru Imlek dan kelenteng-kelenteng di seantero kota pelabuhan tersebut terlihat sibuk. Sebutlah Kelenteng Tay Kek Sie, Kelenteng Tong Pek Bio, Kelenteng Ling Hok Bio, Kelenteng Kuik Lak Hua dan Kelenteng Sio Hok Bio dipenuhi warga yang sembahyang . Anak-anak begitu girang beroleh hadiah pernak-pernik imlek dari orang tua mereka. Di bagian kota yang lain, di Pecinan Pasar Gang Baru, suasana tak kalah meriah. Mulai dari pedagang buah hingga kue keranjang laris manis. . Soeharto Melarang Sejenak menilik sejarah, perayaan tahun baru Imlek mulai senyap sejak Soeharto mengambil alih kuasa sejak 1966. Seturut catatan Tomy Su dalam “Pasang Surut Tahun Baru Imlek” yang terbit di Kompas (8/2/2005), ada 21 beleid beraroma rasis terhadap etnis Cina terbit tak lama setelah Soeharto mendapat Supersemar. Di antaranya adalah kebijakan menutup sekolah-sekolah berbahasa penganta

Penyempumaan Penggunaan Tema dan Logo | Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan NKRI secara VIRTUAL

 . Kamis (6/8) Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono  Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti Sekretaris Kementerian BUMN, Susyanto,   memberikan keterangan dalam Konferensi Pers terkait Peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia.  . Dalam konferensi pers yang bertempat di Kantor Presiden, Jakarta, dijelaskan bahwa rangkaian peringatan acara HUT Ke-75 RI yang akan digelar secara terbatas di tengah pandemi diharapkan tidak mengurangi makna peringatan, tetap khidmat dan meriah. . Penyempumaan Penggunaan Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik lndonesia Tahun 2020 silakan download materi :  https://bit.ly/2PBvP2o Dilansir Setkab.go.id, masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam upacara virtual tersebut dapat mendaftarkan terlebih dahulu melalui laman Pandang Istana yang beralamat

Himbauan Taktis dan Pernyataan Sikap ASYB - Menghadapi Aksi Mengeluarkan Pendapat Di Muka Umum Di Yogyakarta 20 sd 28 Oktober 2020

Yogyakarta, 19 Oktober 2020 Bapak /  Ibu /  kawan – kawan ASYB yang baik, ditempat Hal : Himbauan Taktis dan Pernyataan Sikap ASYB -  Menghadapi Aksi Mengeluarkan Pendapat Di Muka Umum  Di Yogyakarta Salam,  Himbauan  taktis untuk Warga ASYB Alumni SMA Yogyakarta Bersatu, menghadapi Aksi ( mengeluarkan pendapat dimuka umum )  di Yogyakarta  1. Tidak perlu panik,  JOGJA SIAGA dari Aksi  20 s.d 28 Oktober 2020 2. Media Sosial  pergunakan hashtag #JogjaAdemAyem  3. Patuhi Protokol Kesehatan, MASKER, JAGA JARAK, CUCI TANGAN PAKAI SABUN,  HINDARI KERUMUNAN 4. Catatlah nomor penting  Jaringan Aparat Keamanan ( POLRI dan TNI )  sekitar anda *Terlampir untuk dikembangkan  5. Selalu siaga dan waspada. Lakukan pengamanan tertutup  berkelompok di kawasan sekitar kediaman masing - masing terutama pada jalur – jalur lokasi aksi.  6. Terus saling bertukar perkembangan situasi, saring berita HOAX,  pantau Aksi melalui jaringan terpercaya  masing – masing,  dan CCTV : https://cctv.jogjakota.go.id/ 7.